Header Ads

Mengenal Jenis-jenis Senjata Tradisional Jawa Tengah

Situs Elektronik - Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa Indonesia kaya akan keberagaman adat dan budayanya. Sehingga tak heran, jika pada masing-masing pada daerahnya memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari pakaian, kuliner, hingga senjata tradisionalnya.  

Nah, berbicara soal senjata tradisional Indonesia, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa jenis senjata tradisional khas Jawa Tengah. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  

senjata tradisional indonesia

1. Keris 

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan jenis senjata tradisional yang satu ini? Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan senjata yang bernama keris. Selain terkenal di Indonesia, bahkan popularitas keris juga sudah sampai ke berbagai belahan Negara lho.  

Tak hanya berfungsi sebagai senjata, keris pun memiliki nilai etsteika yang lebih tinggi ketimbang jenis senjata tajam lainnya. Belum lagi dengan tingkat ketajamannya yang begitu menakutkan, sehingga tak heran jika keris menjadi senjata andalannya bagi kerajaan-kerajaan Jawa Tengah saat berperang.  

Sebenarnya keris ini tidak hanya ada di Jawa Tengah saja, melainkan juga ada di beberapa daerah Indonesia lainnya. Namun, yang membedakannya terdapat pada lekukan dan ukuran. Ya, keris khas Jawa Tengah biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang dan memiliki banyak lekukan.  

2. Tombak 

Mungkin semua masyarakat Indonesia memang sudah sangat familiar dengan senjata tradisional tombak. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar daerah di Indonesia pada jaman dulu sering menggunakan tombak saat berperang.  

Seiring berjalannya waktu, kini tombak pun kerap dipakai untuk berburu hewan liar di hutan belantara. Menurut kabar yang beredar, senjata tombak ini tersedia kedalam beberapa jenis. Namun, jenis tombak yang paling populer di Jawa Tengah itu bernama tombak Kyai Pletet.  

3. Thulup 

Nama thulup memang tidaklah sepopuler keris maupun tombak. Kendati demikian, thulup ini bisa dibilang sebagai salah satu jenis senjata tradisional yang paling menakutkan di Jawa Tengah lho. Senjata ini tampil dengan bentuk silinder yang menggunakan anak panah sebagai pelurunya.  

Mengenai cara kerjanya, thulup ini akan ditiup sehingga anak panah tersebut akan melesat ke arah objek. Dilihat dari bentuk dan cara penggunaannya, senjata thulup tampak sangat mirip dengan senjata tradisional khas Suku Dayak yang bernama sumpit.  

Namun, ukuran thulup ini jauh lebih pendek dari sumpit. Pada umumnya, senjata thulup memiliki ukuran sekitar 10 sampai 15 cm.  

4. Plintheng 

Jika dilihat dari bentuknya, tentu kita sudah sering bahkan pernah menggunakan senjata Plintheng ini. Ya, Plintheng itu sendiri merupakan salah satu jenis senjata tradisional yang berbentuk ketapel. Senjata tersebut memanfaatkan daya pegas yang berasal dari karet sebagai pelatuknya.  

Sedangkan bagian pegangannya terbuat dari bahan kayu, yang kemudian memanfaatkan batu sebagai pelurunya.  

5. Kudi 

Jenis senjata tradisional Jawa Tengah berikutnya yang akan dibahas, yaitu bernama kudi. Menurut informasi yang didapat, senjata kudi ini berasal dari Kapupaten Banyumas yang mempunyai sifat multifungsi alias serba guna.  

Selain dipergunakan untuk alat pertahanan diri, kudi pun sering digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari seperti bertani, berkebun, memotong rumput, memotong daging hewan, memotong kayu bakar dan lain sebagainya. 

Mengingat sifatnya yang serba guna, maka tak heran juga jika masyarakat Banyumas masih banyak yang mengandalkan kudi ini untuk aktivitas hari-hari. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.