Header Ads

Manfaat Manajemen Risiko Terhadap Kinerja Perusahaan di Tengah Pandemi Virus Corona

Situs Elektronik - Pandemi Virus Corona atau Covid-19 telah menghantam semua sendi-sendi kehidupan, tak terkecuali sendi perekonomian khususnya sektor bisnis. 

Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis dan hampir semua sektor bisnis terkena dampak pandemi ini. Menurut  laporan Badan Pusat Statistik (BPS),  pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 minus 5,32 persen. Sebelumnya, pada kuartal I 2020, BPS melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya tumbuh sebesar 2,97 persen, turun jauh dari pertumbuhan sebesar 5,02 persen pada periode yang sama 2019 lalu. Kinerja ekonomi yang melemah ini turut pula berdampak pada situasi ketenagakerjaan di Indonesia. 

Pada umumnya, perusahaan yang terkena imbas sangat parah akibat pandemi ini terpaksa harus melakukan pemecatan karyawan atau PHK untuk menyeimbangkan finansial agar roda bisnis tetap berjalan ditengah permintaan yang rendah.  

Kondisi ini memang menjadi dilema bagi perusahaan dan juga para karyawan. Namun untuk meminimalkan risiko yang bisa timbul lebih parah lagi kedepannya, diperlukan penerapan manajemen risiko atau risk management agar segala keputusan nantinya benar-benar diambil dengan tepat dan mampu membantu perusahaan menyelesaikan masalah yang terjadi. 

Risk management merupakan proses identifikasi, pengukuran, dan kontrol keuangan dari sebuah risiko yang mengancam aset dan penghasilan dari sebuah perusahaan yang dapat menimbulkan kerusakan atau kerugian. Asuransi merupakan salah satu instrument dalam penanggulangan risiko secara finansial. Instrument inilah yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk memetakan risiko dan strategi mana yang akan diambil untuk meminimalkannya dengan asuransi.  

manajemen risiko bisnis
Berikut ini manfaat manajemen risiko: 

1. Sebagai Bahan Evaluasi & Keputusan Bisnis 

Evaluasi adalah proses penilaian dan pengukuran efektivitas strategi yang telah digunakan dan yang telah dilakukan di masa yang telah lalu atau saat ini untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan. Hasil dari analisis risiko bisnis akan menjadi sebuah bahan bagi perusahaan untuk mengevaluasi apakah cara-cara yang telah dilakukan selama ini dan nantinya akan dilakukan adalah cara-cara yang sudah benar dan tepat 

2. Peningkatan Produktivitas & Keuntungan 

Melalui manajemen risiko bisnis yang dilakukan, perusahaan bisa menjadi lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis dan terhindar dari risiko bisnis yang bisa mengakibatkan kerugian finansial. Hal ini otomatis akan membantu perusahaan meningkatkan produktivitas serta keuntungan yang diperoleh akan ikut meningkat dibandingkan dengan sebelum adanya manajemen risiko bisnis yang dilakukan. 

3. Memudahkan Estimasi Biaya 

Estimasi biaya adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Jika tidak akurat dalam estimasi biaya dapat memberikan dampak yang negatif bagi pihak-pihak yang terlibat dan untuk berjalannya proses berjalannya bisnis. Dengan adanya analisis serta manajemen risiko akan mempermudah untuk menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan, seperti estimasi biaya produksi bisnis kedepannya. 

Itulah beberapa manfaat manajemen risiko bisnis atau risk management bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Tidak mudah memang untuk melakukan manajemen risiko bisnis karena setiap perusahaan memiliki risiko yang unik dan berbeda. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan layanan broker asuransi dan konsultan risiko, misalnya Marsh Indonesia, yang dapat membantu mengelola risiko bisnis serta memberikan solusi pilihan asuransi bisnis yang tepat sesuai profil risiko bisnis dan industri. 

Analisis dan strategi dari Marsh risk management akan membantu perusahaan untuk memetakan strategi terhadap dampak risiko mana saja yang bisa diminimalkan. Marsh sudah sangat berpengalaman dalam membantu ribuan perusahaan di Indonesia dalam mengelola risiko agar bisnis perusahaan dapat berjalan lancar, dan merasa aman untuk berkembang karena bisnis sudah dilindungi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.