Header Ads

Inilah Cara Berinvestasi Reksadana yang Benar dengan Produk yang Tepat

Situs Elektronik - Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa kita harus memilih investasi reksadana ketimbang pengelolaan uang lainnya seperti tabungan atau deposito. Ketahuilah, reksadana menawarkan keuntungan bagi para investornya termasuk kemudahan dan sistem pantau yang jelas. 

investasi reksadana

Lebih jelasnya reksadana tidak menentukan adanya setoran awal, pajak, biaya administrasi, dan saldo mininum. Bagi para investor akan mendapatkan keuntungan berupa bunga sebesar 5 hingga 30 persen per tahun tergantung jenis reksadana yang diikuti.  

Disamping itu, ketika ada kebutuhan mendesak, Anda juga bisa melakukan penarikan dana kapan saja lebih mudah. Berbeda dengan sistem tabungan yang menawarkan bunga lebih kecil sebesar 0.2% per tahun tergantung kebijakan bank dan memberlakukan sistem pajak serta deposito yang membatasi penarikan dana dan memberlakukan sistem pajak. 

Nah, setelah tahu betul keuntungan berinvestasi dengan reksadana, selanjutnya tentukan jenis reksadana yang akan Anda ikuti. Perlu diketahui, ada beberapa jenis reksadana seperti reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran. Cara memilih reksadana harus didasarkan tujuan investasi. Apakah untuk kebutuhan jangka panjang atau jangka pendek. Berikut ini adalah kriteria dari masing-masing reksadana yang bisa jadi pertimbangan. 

Pertama, reksadana pasar uang yang memiliki risiko paling rendah daripada reksadana lainnya. Meski demikian, imbal hasilnya juga paling rendah. Kedua, reksadana pendapatan tetap yang memiliki risiko lebih tinggi daripada reksadana pasar uang, namun juga lebih rendah daripada reksadana saham. Ketiga, reksadana saham yang memiliki imbal hasil lebih tinggi daripada reksadana lainnya, namun pergerakan nilai investasinya juga sangat fluktuatif. Jadi, risikonya juga jauh lebih tinggi daripada reksadana lainnya.  

Terakhir, reksadana campuran yang merupakan kombinasi dari ketiga reksadana sebelumnya dengan persentasi yang berbeda yaitu pasar uang 0-20%, surat utang atau obligasi 1-79%, dan saham 1-79%. Jika dibandingkan dengan reksadana pendapatan tetap, nilai investasinya jauh lebih fluktuatif. 

Setelah berkenalan dengan produk reksadana di atas, sekarang tiba saatnya Anda menentukan pilihan manakah yang cocok untuk keperluan Anda. Tenang saja, bergabung reksadana di tanamduit jauh lebih mudah dan cepat. Selengkapnya, sila pelajari lebih lanjut di id.tanamduit.com/kenalan-dengan-reksa-dana ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.