Header Ads

Intip Manfaat Jahe yang Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Beberapa Penyakit Dalam Tubuh

Situs Elektronik - Jahe merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai minuman dan bahan masak. Manfaat jahe adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan karena adanya antiemetik dan karminatif yang membantu terjadinya pemecahan gas dan membantu terjadinya pergerakan di usus, selain itu dapat menenangkan perut asam dan meringankan mabuk perjalanan, begitu juga dengan orang mual setelah melakukan operasi atau menjalani kemoterapi. Jahe memiliki efek antimikroba terhadap organisme sehingga mampu melawan virus dan juga bakteri yang dapat mengganggu kekebalan tubuh dan melawan gigitan serangga. Jahe juga mampu menyembuhkan nyeri sendi dan otot, kram saat haid dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Manfaat jahe adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan

Jahe terdiri atas 3 jenis diantaranya jahe emprit, jahe gajah dan jahe merah. Jahe emprit merupakan jahe berwarna putih yang sudah banyak dijual di pasaran dengan kandungan minyak atsiri 1,7-8% sehingga banyak digunakan sebagai minyak esensial atau aromatik ketika menguap dan digunakan sebagai bumbu masak dan jamu. Terdapat juga jahe gajah atau jahe badag yang memiliki ukuran keras dengan warna daging kekuningan. Jahe ini tidak terlalu pedas dan biasanya digunakan sebagai bahan permen jahe atau minuman karena dagingnya yang tebal membuatnya sebagai bahan masakan yang enak. Salah satu jenis jahe langka adalah jahe merah dengan warna merah yang memiliki tingkat kepedasan yang tinggi, sering digunakan untuk bahan minyak jahe dan obat-obatan. 

Untuk manfaat jahe yang maksimal dan untuk disukai oleh semua orang jahe dapat diolah menjadi minuman tertentu. Salah satunya sebagai wedang ronde merupakan minuman asli dari Solo dengan rebusan jahe, menggunakan kacang tanah, serai, rode, potongan roti, tambahan gula merah, daun pandan untuk membuang ronde menjadi hangat. Minuman lainnya adalah bandrek yang banyak dikonsumsi saat cuaca dingin, dibuat dari jahe kental dan tambahan gula merah, disajikan dengan daging buah yang dikerok sehingga terasa lebih gurih. 

Dapat juga dikonsumsi dengan air perasan jahe, memiliki tambahan kacang hijau, pacar cina, kolang-kaling, potongan roti, tampilannya mirip dengan wedang ronde tetapi rasanya lebih creamy dan legit atau biasa disebut sebagai sekoteng. Jahe ini dikonsumsi oleh semua orang tetapi dikecualikan untuk beberapa orang dengan penderita penyakit kelainan darah. Misalnya gangguan darah, jika mengonsumsi jahe akan mencegah terjadi pembekuan darah dan semakin meningkatkan pendarahan. Begitu juga dengan penderita batu empedu, IBD atau ulkus, sebelum melakukan operasi dan ibu hamil, orang yang sedang mengonsumsi obat insulin, antikoagulan maupun antiplatete, antasida juga harus dihindari untuk tidak mengonsumsi jahe. 

Berikut adalah penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jahe diantaranya: 

  • Diare dengan menggunakan satu sendok jahe kering yang dihaluskan lalu menambah air hangat, dikonsumsi 3 kali sehari.
  • Pilek dan batuk dengan mencampur jahe kering dan madu lalu diminum untuk mengurangi dahak.
  • Sakit perut dan masuk angin dengan cara menambahkan jeruk nipis, garam dan jahe lalu diminum untuk meredakan sakitnya.
  • Cegukan dapat reda dengan meminum susu yang dicampur dengan air jahe yang telah direbus. 

Manfaat jahe dapat menurunkan kolesterol yang dapat meningkat resiko jantung dengan cara mengonsumsi jahe kering setiap harinya. Untuk wanita yang sedang haid dapat mengonsumsi jahe untuk mengurangi rasa kram dan nyeri selama menstruasi. Jika sedang sakit gigi maka jahe dapat digunakan dengan merebus jahe lalu meminumnya untuk sakit gigi yang sembuh seketika. Jahe dapat dikonsumsi namun segala sesuatu berlebih tidak baik, sehingga jangan mengonsumsi jahe lebih dari kadar kesehatan tentukan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.