Header Ads

Alasan Kenapa Konsultasi Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Itu Penting

Situs Elektronik - Telinga, hidung dan tenggorokan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering mengalami masalah. Meskipun secara umum tidak banyak yang sadar, bahkan ada beberapa diantaranya menganggap tidak ada masalah. Dengan perawatan yang salah sedikit saja pasti akan memberikan masalah yang besar. Inilah yang membuat kehadiran dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) itu cukup penting. Selain itu, pemeriksaan atau konsultasi pada pihak THT itu juga perlu dilakukan untuk memastikan kesehatan. Bagaimana, sudahkah Anda yakin THT sehat dan aman? 

dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT)

Ada banyak gangguan yang membuat fungsi dari telinga, hidung sampai dengan tenggorokan tidak bekerja secara maksimal. Karena dari fungsi, ketiganya mempunyai hubungan satu sama lain yang tidak bisa dipisahkan. Misalnya ada serangan flu saja, pasti bagian hidung, telinga sampai dengan tenggorokan mengalami gangguan yang sama. Tetapi perlu digarisbawahi, jika melakukan konsultasi dengan dokter ahli THT itu tidak harus ketika mengalami masalah saja. Namun bisa dilakukan secara rutin untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik, sehat dan aman. 

Umumnya dalam sesi konsultasi, spesialis THT akan memberikan beberapa pertanyaan dan langkah pemeriksaan seperti:

  1. Meninjau seperti apa data kesehatan pasien dan bertanya tentang apa saja alasan yang menjadi latar belakang pasien datang untuk berkonsultasi.
  2. Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan terkait apa yang telah disampaikan oleh pasien. Hal itu berkaitan dengan gangguan yang dialami mulai dari pemeriksaan secara fisik sampai dengan pemeriksaan secara tes ataupun yang lainnya. Umumnya tes akan diumumkan setelah beberapa hari setelah pemeriksaan.
  3. Menganalisa atau mendiagnosa seperti apa masalah yang dialami oleh pasien, jika tidak bermasalah tinggi umumnya pemeriksaan dihentikan. Namun sebaliknya jika Anda mengalami masalah spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) akan memberikan rekomendasi untuk melakukan perawatan lanjutan. 

Jangan pernah sepelekan mengenai gangguan pada bagian telinga, hidung dan tenggorokan karena itu terbilang rumit. Dimana umumnya pasien akan dirujuk pada dokter spesialis karena ada kondisi yang tidak bisa ditangani oleh dokter umum. Semua dokter umumnya akan melakukan kerjasama satu dengan yang lainnya. Tetapi ini kembali lagi pada masing-masing dokter yang menangani masalah Anda. Rujukan juga dilihat seperti apa kondisi secara langsung dari pasien, tingkat keparahan dan lainnya. Jika tidak beresiko besar, umumnya hanya akan diberikan obat sebagai pereda masalah penyakit. 

Kapan harus pergi ke dokter THT? Sebenarnya semua dokter itu bisa didatangi kapan saja ketika ada masalah. Tetapi selain itu Anda juga bisa melakukan konsultasi secara umum tanpa perlu menunggu terjadinya masalah. Dengan begitu Anda dapat menghindari masalah yang bisa saja terjadi seperti gangguan THT yaitu:

  1. Pendengaran yang berkurang.
  2. Telinga yang berdengung sebelah.
  3. Hidung dengan penciuman yang kurang tajam.
  4. Hidung dengan kondisi yang sulit untuk bernafas.
  5. Kondisi tidur yang selalu mendengkur.
  6. Tenggorokan yang serak dan lainnya. 

Lingkungan yang menjadi salah satu pemicu munculnya masalah kesehatan perlu Anda amati pula. Dimana hal itu apakah dapat membuat telinga hidung dan tenggorokan terganggu dan muncul masalah atau tidak. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) secara umum. Pastikan jika hal itu dapat memberikan Anda keyakinan dari kesehatan setiap anggota tubuh. Jika ada masalah yang sudah dibaca atau diatasi dari awal pasti akan lebih mudah. Sekian, semoga dapat menjadi tambahan informasi bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.