Header Ads

Ketahui Ragam Istilah Penting Sebelum Beli Asuransi Berbasis Syariah

Situs Elektronik - Layaknya layanan bank, kini juga telah tersedia layanan asuransi dengan sistem syariah. Adanya asuransi syariah ini tentu memberi kelegaan bagi sebagian besar masyarakat, yang merasa praktik asuransi konvensional selama ini memiliki unsur riba di dalamnya. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan layanan asuransi berbasis syariah ini, ada baiknya Anda memahami dahulu istilah penting di dalamnya. 

asuransi syariah

1. Akad Wakalah bil Ujrah 

Akad wakalah bil ujrah merujuk pada perjanjian antara pelanggan dengan penyedia layanan asuransi. Dengan menandatangani akad ini, berarti Anda sebagai pemegang polis memberikan wewenang pada pihak asuransi untuk mengelola dan menginvestasikan kontribusi yang Anda berikan. Terjadinya kesepakatan ditandai dengan pembayaran sejumlah biaya atau ujrah.  

2. Asuransi Dasar 

Asuransi dasar merupakan pertanggungan dasar yang ditawarkan oleh pihak asuransi jenis syariah. Asuransi jenis syariah ini sebenarnya sama dengan asuransi jiwa, namun berbasiskan aturan agama Islam. Pencairan dana akan dilakukan jika tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap atau total. Pihak keluarga sebagai pewaris akan berhak menerima santunan dari asuransi dasar ini.   

3. Asuransi Tambahan 

Selain asuransi dasar, terdapat pula istilah yang namanya asuransi tambahan. Asuransi tambahan merujuk pada pertanggungan atas kejadian yang tidak dicakup oleh tanggungan asuransi dasar. Contoh dari asuransi tambahan ini seperti asuransi untuk penyakit kritis, rawat inap, dan kecelakaan. Tentu saja Anda juga harus menambah jumlah premi, jika Anda memilih untuk menggunakan asuransi tambahan ini.  

4. Dana atau Iuran Tabarru’ 

Dana tabarru’ merupakan jenis dana yang hanya ada di asuransi syariah. Dana tabarru’ merupakan kumpulan dana hibah yang berasal dari semua pemilik polis. Tujuan pengadaan dana ini adalah untuk bisa menolong pemilik asuransi atau polis, jika terjadi peristiwa yang akibatnya masuk dalam tanggungan asuransi. Pengelolaan dana tabarru’ ini berbasiskan prinsip syariah. 

5. Surat Pengajuan Asuransi Jiwa Syariah 

Dikarenakan jenis asuransi yang Anda pilih berbasiskan syariah, maka surat pengajuannya pun dinamakan Surat Pengajuan Asuransi Jiwa Syariah. Surat ini berisikan permohonan tertulis untuk mengadakan perjanjian asuransi jiwa syariah. Agar surat permohonan ini bisa diterima, diperlukan persetujuan berupa tanda tangan Anda dan si calon penerima dana tanggungan nanti.  

6. Biaya Akuisisi 

Dalam perjanjian asuransi jenis syariah, Anda harus mengetahui istilah biaya akuisisi. Biaya akuisisi merupakan biaya yang Anda tanggung, karena mengajukan permohonan polis. Biaya yang termasuk dalam biaya akuisisi ini seperti biaya pengadaan polis, pemeriksaan kesehatan, dan pencetakan dokumen polis. Jadi, semua biaya tersebut tidak dibebankan pada pihak asuransi.  

7. Biaya Pengelolaan Dana Investasi 

Dalam asuransi jenis syariah, juga dikenal yang namanya biaya pengelolaan dana investasi. Biaya ini wajib Anda bayarkan pada pihak penyedia asuransi, sebagai pihak yang melakukan pengelolaan atas aset di Rekening Subdana Investasi Anda. Jadi, di samping angsuran premi rutin setiap bulan, Anda pun wajib membayar biaya atas jasa pengelolaan dari pihak asuransi.    

8. Kontribusi 

Kontribusi merupakan sejumlah dana yang dibayarkan oleh pemegang polis pada pihak asuransi, atas pertanggungan dan investasi yang dilakukannya. Pada asuransi jenis syariah ini, ada tiga jenis kontribusi yang bisa Anda lakukan. Kontribusi tersebut terbagi atas kontribusi berkala, kontribusi top-up berkala dan kontribusi top-up tunggal.  

Sebelum Anda mengajukan permohonan asuransi syariah, ada baiknya Anda mengetahui dahulu istilah-istilah penting yang digunakan di dalamnya. Jika Anda langsung saja menandatangani perjanjian asuransi itu, bisa saja nanti akan terjadi kesalahpahaman antara Anda dengan pihak asuransi. Jika diperlukan, tanyakan beragam jenis istilah tersebut pada pihak penyedia asuransi. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.