Header Ads

Yuk Mengenal Tipe-Tipe Generasi X Y Z! Anda Tipe yang Mana?

Situs Elektronik - Generasi X Y Z sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Tidak jarang dalam dunia nyata maupun bentuk iklan penerimaan lowongan kerja menyebutkan kata-kata generasi X hingga generasi Z sebagai perbandingan kinerja. Selain perbandingan kinerja jenis makanan yang menggunakan aneka micin juga sering dikaitkan dengan kata generasi-generasi yang sedang hitz ini.  

Selain iklan ternyata banyak forum-forum pengadaan seminar yang juga ikut mempopulerkan generasi X Y Z sebagai tema pembahasan dalam seminar baik nasional maupun seminar kecil-kecilan. Menurut Anda apa yang dimaksud dengan 3 generasi tersebut? Bagaimana ciri-cirinya, lalu karakter Anda masuk kedalam generasi yang mana ?  

Untuk menambah pengetahuan Anda hal ini akan kita uraikan satu persatu. 

generasi x y z

1. Generasi X 

Untuk pembahasan pertama ini kita akan lebih dulu mengenali tentang generasi X. Generasi X ini diisi oleh mereka yang berkelahiran pada tahun 1946 hingga tahun 1964, selain itu masa generasi X merupakan masa awal penggunaan berbagai peralatan yang kini mulai menjadi kebutuhan mulai dari personal computer, video game, hingga internet.  

Pada era ini video game mengalami masa kejayaannya, generasi X begitu menyukai video game. Dalam bekerja, orang-orang yang terlahir pada masa ini memiliki karakter mandiri, loyal dan mudah beradaptasi. 

Selain dampak positif terhadap kemajuan teknologi yang terjadi di masa ini ternyata menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson generasi X memiliki beberapa karakter negative seperti tidak menghormati orang tua, hingga mulai mencoba menggunakan ganja. 

2. Generasi Y 

Generasi selanjutnya yaitu generasi Y, dimana generasi ini diisi oleh orang-orang yang berkelahiran pada tahun 1981 hingga tahun 1994. Memiliki selisih tahun yang cukup jauh dari generasi X tentu membentuk karakter tersendiri terhadap orang-orang yang lahir pada masa generasi Y.  

Orang-orang yang lahir pada generasi Y dicirikan dengan sebutan millennial atau millennium. Generasi inilah yang menjadi konsumen dari layanan-layanan komunikasih online seperti email, SMS, facebook hingga twitter. Karakter yang dimiliki generasi Y yaitu suka bermain game online. Ungkapan generasi Y ini mulai dipakai pada editorial Koran besar yang ada di Amerika Serikat tepatnya pada tahun 1993. 

3. Generasi Z 

Selanjutnya tentu saja yang sedang hangat-hangatnya saat ini yaitu generasi Z. Generasi yang terlahir untuk meneruskan silsilah generasi X Y Z ini ditandai dengan mereka yang berkelahiran mulai tahun 1995 sampai tahun 2010. Selain disebut sebagai generasi Z, ternyata generasi yang satu ini memiliki banyak sekali julukan-julukan lain seperti : iGenerasion, generasi net atau generasi Internet.  

Ternyata sebutan tersebut bukan tanpa disertai alasan. Generasi pada masa ini dinilai lebih banyak menjalani kehidupannya pada dunia maya. Bahkan sejak kecil mereka sudah mengenal dan dianggap akrab dengan barang-barang canggih. Sehingga di sini peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak tidak kecanduan gadget. 

Menggunakan ponsel sebagai media komunikasi utama serta browsing dengan PC, pada masa ini gadget dianggap sangat membentuk kepribadian manusia. Dalam bekerja, mereka yang lahir pada masa ini memiliki karakter sangat mahir teknologi. Hal ini juga seiring sejalan dengan kemajuan teknologi yang setiap hari selalu mengalami inovasi. 

Setelah menyimak beberapa pemaparan diatas tentu Anda sudah dapat menggolongkan Anda tipe generasi yang mana. Apakah generasi X Y Z? Terlepas dari beragam perbedaan yang ada marilah sama-sama menunjukkan prestasi diri dengan menjadi pribadi yang produktif, positif dan selalu membanggakan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.