Header Ads

Cara Bakteri Jahat Dalam Tubuh

Situs Elektronik - Pernah mendengar tentang bakteri baik dan bakteri jahat di tubuh kita. Sebelumnya Kamu tubuh kita secara alami memiliki triliunan bakteri yang hidup di hampir seluruh bagian tubuh mulai dari rambut, kulit, dan usus. Jika ditimbang, berat keseluruhan bakteri di tubuh manusia mencapai 2 kilogram. Sepertiga dari bakteri-bakteri tersebut merupakan jenis bakteri yang umum dijumpai pada semua orang, sedangkan dua pertiganya bakteri yang spesifik yang hanya ada pada orang tertentu. Dengan kata lain, bakteri spesifik ini ikut menentukan identitas Kamu 

bakteri jahat

Di dalam usus kita terdapat triliunan bakteri baik dan bakteri jahat. Jika jumlah mereka seimbang maka tidak akan merugikan bahkan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bakteri baik akan melawan bakteri jahat. Bakteri-bakteri di usus disebut mikrobiota. Setidaknya ada 1000 spesies bakteri di usus yang memiliki materi genetik  lebih dari 3 juta gen, atau 150 kali lebih banyak daripada gen manusia. 

Namun ada suatu masa saat keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat terganggu, misalnya karena manusianya sakit. Akibatnya jumlah bakteri jahat lebih mendominasi. Kemampuan bakteri baik melawan bakteri jahat akan menurun. Bakteri jahat akan mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan berbagai gangguan pencernaan mulai dari diare. Mereka juga akan mengeluarkan enzim yang mendorong terbentuknya senyawa yang bersifat karsinogenik dalam saluran pencernaan.  

Agar hal ini tidak terjadi, kesehatan saluran pencernaan harus selalu dijaga, sehingga bakteri baik dapat melawan bakteri jahat. Salah satunya dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Bakteri baik ini sangat bermanfaat menjaga kesehatan mukosa usus (lapisan dinding usus bagian dalam), meningkatkan proses metabolisme, dan sebagai salah satu sistem imun yang paling penting di tubuh. Keseimbangan antara bakteri jahat dan bakteri baik harus dipertahankan sehingga risiko infeksi pencernaan seperti diare dan gangguan pencernaan seperti sembelit bisa berkurang. Untuk referensi terkait masalah pada pencernaan anda bisa membuka website https://www.guesehat.com/ untuk seputar masalah pada usus dan pencernaan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.