Header Ads

Alasan Klaim Asuransi Kendaraan Anda Ditolak

Situs Elektronik - Asuransi kendaraan merupakan satu-satunya cara yang efektif unutk melindungi mobil kesayangan Anda. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa bukan berarti semua kerusakan pada mobil bisa diklaim asuransi. Ada beberapa penyebab klaim asuransi milik Anda ditolak, berikut alasannya. 

asuransi kendaraan

Pengendara di Bawah Umur 

Menurut Undang- Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menjelaskan bahwa anak di bawah umur 17 yahun dilarang mengemudikan kendaraan. Hal inilah yang menyebabkan jika mobil mengalami kecelakaan dengan pengendara berada di bawah umur maka klaim asuransi mobil Anda akan ditolak oleh perusahaan asuransi. 

Bukan hanya itu, jika pengendara sudah berada di umur yang cukup namun tidak memiliki surat ijin mengemudi atau SIM maka Anda juga tidak bisa melakukan klaim kepada perusahaan asuransi. Sesuai dengan pasal 281 bahwa setiap pengemudi harus memiliki SIM. 

Tidak Membawa SIM Saat Mengemudi 

Jika Anda memiliki SIM, namun Anda tidak membawanya ketika terjadi kecelakaan, maka pihak asuransi berhak menolak klaim asuransi yang diajukan. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu membawa SIM setiap kali mengemudi karena Anda tidak tahu kapan terjadi kerusakan dan kecelakaan akan terjadi. Keharusan membawa SIM telah diatur dalam UU mengemudi. 

Mengendarai Mobil dalam Keadaan Mabuk 

Mabuk adalah sebuah peristiwa yang disengaja oleh seorang pengemudi. Jika seseorang mengemudikan mobil di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang, atau segala sesuatu yang mampu mempengaruhi kesadarannya, maka pihak asuransi berhak menolak klaim asuransi. 

Selain Anda mengemudi dalam keadaan mabuk, mobil yang tidak dalam keadaan layak jalan atau rusak kemudian dikemudikan secara paksa dan semakin menambah kerusakan biasanya juga menyebabkan klaim asuransi yang Anda lakukan ditolak. 

Modifikasi 

Beberapa orang mungkin memiliki keinginan untuk membuat mobilnya terlihat lebih keren, termasuk juga Anda. namun, urusan modifikasi mobil ini juga memiliki aturan dan tidak boleh dilakukan sembarangan agar beli asuransi mobil yang Anda lakukan tidak berakhir sia-sia. 

Penambahan beberapa aksesoris memang akan menghanguskan asuransi. Apalagi jika aksesori tersebut menguras aki. Agar haltersebut tidak terjadi pada Anda, maka seharusnya Anda sebagai modifikator melaporkan adanya penambahan aksesori non standar kepada pihak asuransi. 

Ketika harga aksesori yang Anda tambahkan lebih dari Rp10.000.000,00 maka biasanya Anda perlu untuk membayar penambahan premi. Maka dari itu jangan asal pasang aksesori yang nantinya justru merugikan Anda. 

Mobil Dipinjam Kemudian Dibawa Lari 

Kehilangan mobil karena mobil dipinjam kemudian dibawa lari oleh peminjam maka klaim asuransi Anda akan ditolak. Hal tersebut karena peristiwa yang terjadi adalah sebuah penggelapan bukan pencurian atau kehilangan karena paksaan. 

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang memiliki bisnis rental mobil dan juga yang biasanya menggunakan jasa parkir vallet. Klaim asuransi yang Anda lakukan akan ditolak oleh perusahaan asuransi karena Anda telah memberikan izin jika mobil milik Anda akan dikemudikan oleh orang lain. 

Kelebihan Muatan 

Jika mobil Anda mengalami kecelakaan karena kelebihan muatan maka beli asuransi mobil yang Anda lakukan tidak bisa diklaim. Misalnya mobil yang Anda asuransikan didesain untuk dikendarai dengan 7 penumpang namun Anda mengemudikannya dengan 10 penumpang maka klaim asuransi Anda akan ditolak. 

Hal tersebut sebenarnya telah diatur dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Jadi Anda tidak perlu menuntut ini itu atau bahkan marah-marah hingga merasa dibohongi oleh perusahaan asuransi karena hal tersebu telah diatur sedemikian rupa. 

Itulah beberapa alasan klaim asuransi kendaraan yang Anda lakukan tidak diterima atau ditolak. Salah satu perusahaan yang terpercaya untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda adalah PT Asuransi MSIG Indonesia. Anda bisa membuka situs resminya di www.msigonline.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.