Header Ads

Cara Mengobati Luka Terkena Sayatan Pisau

Situs Elektronik - Sebagai ibu rumah tangga yang aktif di dapur, tentunya kegiatan sehari-harinya tak akan pernah terlepas dari yang namanya pisau. Dan pastinya meskipun sudah berhati-hati namun resiko terkena sayatan pisau ini tentunya akan selalu mengintai anda saat sedang mengiris bahan masakan.  Untuk itu setidaknya anda harus mengetahui tentang pertolongan luka sayat yang bisa dilakukan sendiri dirumah, sebagai langkah pertolongan pertama yang mudah sekali untuk diaplikasikan. 

Adapun cara pertolongan pertama dalam mengobati luka sayat ini adalah sebagai berikut : 

situs elektronik-hansaplast

1. Jangan Panik 

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam merawat luka sayat akibat pisau ini  adalah tetap berusaha setenang mungkin dan jangan panik. Meskipun luka yang diderita cukup sakit, alangkah lebih baiknya anda segera mengobatinya bukan malah drama teriak-teriak sakit. 

2. Lakukan penekanan luka dengan menggunakan kassa ataupun tissue 

Lakukan penekanan terhadap luka yang masih mengalir dan berlangsung aktif selama kurang lebih 5 menit, atau setidaknya hentikan pada saat dirasa pendarahan sudah berhenti.3 

3. Bersihkan luka dengan menggunakan air bersih 

Jika pendarahan dirasa sudah berhenti, segera bersihkan luka sayatan tersebut dengan menggunakan air bersih yang mengalir selama kurang lebih 10-15 menit. 

4. Gunakan Antiseptic 

Pastikan tidak ada lagi kotoran ataupun benda asing seperti pecahan kaca ataupun karat yang menempel pada bagian luka sayat tersebut. Setelahnya gunakan cairan antiseptic atau cuci dengan sabun hingga sampai dirasa bersih sempurna. 

5. Tutup luka dengan plester 

Setelahnya, tutup luka dengan menggunakan kasa steril ataupun bisa juga dengan menggunakan plester luka yang memiliki rekatan sempurna dari Hansaplast. Ganti juga plester tersebut jika dirasa sudah tidak merekat dengan baik.  

6. Hindari mengoleskan bahan-bahan lain 

Setelah menggunakan plester, sebaiknya anda jangan menambahkan bahan-bahan lain selain obat luka. Kecuali memang sudah dianjurkan oleh dokter sebelumnya. 

Dan sebagai tambahan sebisa mungkin hindari luka sayatan tersebut dari kontak sinar matahari secara langsung, pasalnya hal tersebut bisa memicu hiperpigmentasi permanen. Jika luka lecet yang anda derita terasa sangat sakit tak tertahankan, maka anda mengatasinya dengan mengkonsumsi analgesic. Cara pengobatan diatas juga bisa dilakukan untuk merawat lecet akibat terkena benda tajam lainnya seperti paku, seng, beling dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.