Header Ads

Jual Mangga Alpukat : Inilah Alasan Mengapa Anda Wajib Mencoba Buah Mangga Alpukat

Situs Elektronik - Buah mangga alpukat mungkin masih belum familiar di telinga Anda. Sekilas tidak ada yang berbeda dari tampilan luar buah mangga ini. Bentuknya sama dengan mangga jenis lainnya. Perbedaan akan terlihat ketik Anda mulai mengupas buah ini. Walaupun buah ini masih belum banyak diketahui orang, namun toko buah yang jual mangga alpukat sudah banyak tersebar di Indonesia. 

jual mangga alpukat

Keistimewaan Buah Mangga Alpukat 

Mangga alpukat adalah sebutan untuk buah mangga yang dikupas dan dimakan mirip dengan buah alpukat. Keistimewaan dari buah mangga ini adalah pada rasa. Rasa buah mangga alpukat lebih manis dan juga tahan lama. Ini berbeda dengan jenis mangga yang biasa dikonsumsi masyarakat. Inilah yang menjadikan buah mangga alpukat banyak diminati. 

1. Cara menyantap yang praktis 

Mangga alpukat ini tidak perlu dikupas kulitnya. Anda hanya perlu membelah bagian tengah lalu putar hingga terbagi menjadi dua. Daging buahnya bisa langsung dikonsumsi menggunakan sendok, sama ketika mengonsumsi buah alpukat. Inilah alasan mengapa buah mangga ini dinamakan mangga alpukat.

2. Daging buah tebal 

Selain cara mengonsumsinya yang unik, buah ini juga memiliki keistimewaan lain yaitu daging buah lebih tebal, teksturnya lebih padat, jumlah serat buah mangga ini juga tergolong sedikit. Selain itu kadar airnya juga lebih rendah dan ukuran pohon mangga alpukat tidak terlalu tinggi sehingga bisa memudahkan dalam memetik buah ini. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mencari toko buah yang jual mangga alpukat.

3. Bukan perkawinan antara mangga dan alpukat 

Mangga alpukat ini bukanlah perkawinan antara buah mangga dan juga alpukat. Mangga alpukat sebenarnya adalah mangga gadung klon 21 yang seringkali disamakan dengan mangga arumanis klon 143. Hal ini dikarenakan bentuk kedua jenis mangga yang mirip. Namun walaupun mirip, kedua jenis mangga ini memiliki perbedaan. 

Jenis mangga gadung 21 mempunyai ukuran buah yang lebih besar dengan pangkal buah yang bentuknya lebih bulat jika dibandingkan dengan jenis arumanis 143. Selain itu, mangga gadung 21 juga memiliki kadar pati yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan arumanis 143. Inilah yang membuat kedua jenis mangga tersebut mempunyai cita rasa yang berbeda.

4. Buah mangga alpukat harus masak di pohon 

Berbeda dengan jenis buah mangga lainnya, agar bisa dikonsumsi seperti buah alpukat, mangga alpukat ini harus dipanen ketika sudah masak di pohon bukan masak karena diperam. Mangga alpukat adalah tanaman buah menahun yang akan berbuah meinimal sebanyak 1 hingga 2 kali dalam setahun. Untuk perbanyakan bibit mangga alpukat ini bisa melalui biji maupun cangkok atau stek. 

Banyak orang yang menanam mangga alpukat melalui bibit stek atau cangkok daripada melalui biji. Ini karena jika melalui biji untuk mencapai masa panen akan membutuhkan waktu yang lama. Mangga alpukat yang asalnya dari bibit cangkok bisa dipanen ketika sudah berumur 3 tahun setelah ditanam. Sedangkan untuk yang berasal dari biji bisa dipanen ketika sudah berumur 4 hingga 5 tahun setelah tanam.

Umumnya, ketika usia dua tahun tanaman mangga alpukat yang asalnya dari bibit cangkok sudah bisa berbuah tetapi belum maksimal. Jadi ketika muncul buah pertama, lebih baik dilakukan penjarangan buah. Buah ini adalah produk holtikultura unggulan dari kabupaten pasuruan, jawa timur.  

Itu dia informasi mengenai buah mangga alpukat. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, bisa langsung membelinya di toko buah yang jual mangga alpukat agar tidak penasaran lagi dengan rasa mangga satu ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.