Header Ads

Jangan Lakukan Hal Ini Sebelum Mengambil Bunga Deposito

Situs Elektronik - Memiliki deposito adalah cara untuk mengamankan uang Anda sekaligus mendapatkan keuntungan berupa bunga. Nominal bunga deposito beragam, mulai dari 3% hingga 7,5%, tergantung dari berapa lama Anda menyimpan uang tersebut. Bunga dari deposito hanya bisa diambil sesuai dengan waktu penyimpanan. Jangan lakukan hal ini sebelum mengambilnya. 

bunga deposito

1. Mengambil Sebelum Waktunya 

Jika Anda menaruh uang di deposito berjangka dalam waktu 12 bulan, jangan mengambilnya saat baru berjalan 6 bulan. Uang bisa diambil, tapi akan kena penalti dan suku bunganya berkurang, jadi Anda akan rugi. Sebelum menyimpan uang di deposito, pikirkan baik-baik, uang itu akan disimpan dalam waktu 12 bulan atau 3 bulan saja. 

Ketika deposito Anda bisa dicairkan bunganya pada tanggal 10, sedangkan itu hari sabtu, jangan datang ke Bank di hari jum’at. Jaraknya hanya sehari, tapi pencairan sebelum waktunya akan tetap kena penalti, biasanya sekitar 0,5% dari besarnya suku bunga. Tunggulah hingga hari senin untuk mencairkan bunganya, agar Anda tidak mengalami kerugian. 

2. Tidak Membawa Dokumen Lengkap 

Sebelum pergi ke Bank, pastikan Anda membawa dokumen lengkap, antara lain buku tabungan, KTP, dan bilyet asli. Jangan sampai salah satu dari dokumen itu tertinggal, karena deposito Anda tidak akan dicairkan bunganya. Bawalah buku tabungan yang paling baru dan KTP yang masih berlaku. 

Apa Anda merasa heran karena pencairan bunga dari deposito masih ditolak? Cek lagi dokumen Anda, jangan-jangan yang terbawa adalah fotokopi KTP dan bilyet, bukan yang asli. Masa berlaku KTP juga wajib diperiksa. Jika sudah habis, maka segera perbarui untuk mendapat KTP baru.

3. Mengambil di Kantor Cabang Bank yang Berbeda 

Cairkan bunga di kantor cabang Bank tempat Anda membuka deposito tersebut. Hal itu untuk mempermudah pemeriksaan, apakah Anda benar merupakan nasabah Bank itu, juga untuk mempersingkat waktu. Jika Anda mencairkan deposito ke kantor cabang yang berbeda, maka butuh 2 hingga 3 hari untuk mengirim berkas pencairan ke kantor cabang pertama. 

4. Menutup Deposito 

Apakah Anda ingin mengambil bunga deposito sekalian menutup akun depositonya? Padahal, posisi Anda sebagai deposan (pemegang deposito) sangat menguntungkan, karena mendapat bunga yang besar dengan teratur. Jangan ambil semua uang Anda di Bank itu. Jika butuh uang, ambil bunga dari deposito saja. Uang itu untuk simpanan masa depan Anda dan keluarga. 

5. Mencairkan Deposito Mata Uang Asing Saat Nilainya Turun 

Jika Anda punya deposito dalam bentuk mata uang asing, seperti dollar Amerika, jangan cairkan saat nilainya menurun. Anda bisa mengira nilai mata uang tersebut akan terus naik, karena kemarin dan kemarin lusa nilainya naik terus. Tapi nilai tukar rupiah terhadap dollar masih kurang stabil. Bisa jadi hari ini rupiah menguat, jadi tahanlah untuk menarik bunga dollar Anda. 

6. Mengutus Calo 

Anda sangat sibuk sehingga tidak sempat pergi ke Bank untuk mencairkan bunga dari deposito? Jangan pernah mengutus saudara apalagi calo untuk mengambilnya. Saat calo membawa KTP dan dokumen lain yang asli dan meniru tanda tangan Anda, maka Bank akan menolak pencairan tersebut. Hanya deposan asli yang berhak mencairkan bunga dari depositonya. 

Mengambil bunga deposito caranya sangat mudah. Datang saja ke Bank sambil membawa KTP, bilyet asli, dan juga buku tabungan. Jangan mengambil bunga dari deposito ketika belum waktunya, karena akan ada potongan bunga dan merugikan Anda. Ambil uang bunga itu sendiri, jangan pernah mengutus saudara atau calo.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.