Header Ads

Ini 5 Kriteria dan Syarat Sapi Qurban yang Harus Diperhatikan

Situs Elektronik - Tak terasa hampir satu bulan lagi kita akan bertemu dengan hari raya Idul Adha. Bagaimana, apa Anda sudah mempersiapkan hewan Qurban Anda? Ada banyak yang menyediakan jasa jual sapi qurban, namun sebelum membeli beberapa syarat dan kriteria berikut ini patut Anda perhatikan. 


1. Memenuhi Syarat Batas Umur Sesuai Syariat

Sapi ataupun hewan qurban lainnya yang akan disembelih harus dipastikan telah memenuhi usia yang diperbolehkan oleh syariat. Pastikan sapi telah memasuki usia musinnah (dewasa) yang menurut Imam Hanafi, Imam Hambali dan Imam Syafi’I adalah sapi yang telah berusia 2 tahun. 

Salah satu tanda sapi telah memasuki usia musinnah adalah sudah tumbuhnya sepasang gigi tetap. Usia ini dipilih karena sapi sudah memasuki usia dewasa dan biasanya sedang dalam kondisi terbaik. Pada usia ini juga sapi memiliki berat yang proporsional untuk disembelih. 

2. Memiliki Kondisi Kesehatan yang Baik 

Sapi qurban haruslah memiliki kesehatan yang baik serta bebas dari aib dan cacat. Ada empat jenis hewan yang diharamkan untuk dikurbankan yaitu hewan yang buta sebelah yang jelas kebutaannya. Memiliki cacat di bagian kaki sehingga tampak pincang saat berjalan, atau memiliki sakit yang menganggu kualitas dagingnya. 

Sedangkan hewan khususnya sapi yang akan dikurbankan haruslah memiliki kondisi kesehatan yang baik dan bentuk fisik yang sempurna. Ciri-ciri sapi yang kondisi kesehatannya baik adalah lubang mulut, mata, hidung, telinga hingga anus bersih dan normal. Elastisitas kulit sapi baik yang berarti sapi tidak mengalami kekurangan cairan. 

Tidak memiliki luka atau borok di sekitar tubuhnya. Bergerak aktif juga mau makan dan minum dengan normal. Para ulama juga memfatwakan bahwa hewan kurban tidak boleh memiliki cacat di bagian telinga dan ekor. Jika Anda berniat untuk mencari sapi qurban, pilihlah yang memenuhi kriteria kesehatan di atas. 

3. Memiliki Berat yang Proporsional 

Sapi qurban sebaiknya memiliki berat yang proporsional, gemuk dan memiliki daging yang banyak. Ini dikarenakan sapi yang akan disembelih nantinya akan dibagikan pada yang membutuhkan, sehingga disunahkan untuk memilih sapi yang gemuk dan tidak kurus. 


4. Diutamakan Memilih Sapi Jantan daripada Betina

Rasulullah s.a.w menyunnahkan untuk menyembelih hewan jantan. Serta melarang menyembelih sapi yang baru melahirkan atau dalam keadaan hamil. Sapi jantan lebih utama karena selain memiliki tanduk, sapi jantan lebih lezat dagingnya dan mudah diolah. 

Namun jika sapi yang tersedia hanya sapi betina, Anda tetap boleh menyembelihnya dengan memerhatikan dua syarat di atas yaitu tidak dalam keadaan hamil atau baru melahirkan. Pastikan juga sapi betina tadi memenuhi syarat-syarat sapi qurban di atas. 

5. Sapi Bisa Disembelih Untuk 7 Orang 

Berbeda dengan kambing yang hanya bisa disembelih untuk satu orang, sapi bisa digunakan untuk qurban bagi 7 orang. Menurut para ulama’, cara patungan qurban seperti ini lebih disukai karena memiliki banyak maslahat. Salah satunya karena daging sapi lebih disukai serta proses penyembelihannya tidak membutuhkan waktu lama. 

Bandingkan jika 7 orang tadi memutuskan berkurban dengan kambing untuk diri masing-masing. Penyembelihan 7 ekor kambing tentu membutuhkan waktu lebih lama dibanding menyembelih satu ekor sapi.

Itulah beberapa syarat dan kriteria yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sapi qurban. Untuk mendapatkan sapi yang berkualitas, Global Qurban menyediakan jasa jual sapi qurban yang tentu saja telah memenuhi berbagai syarat di atas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.