Header Ads

Yuk Kenali Macam-Macam Sambungan Pipa dan Fungsinya

Situs Elektronik - Pemasangan instalasi pipa air saat ini umumnya menggunakan pipa jenis PVC atau disebut juga pipa paralon. Pipa jenis ini dipilih karena berbahan baku ringan juga mudah diolah. Dengan ukuran panjang yang terbatas, pipa PVC memerlukan beberapa sambungan pipa saat penyusunannya.

Sebelum Anda membeli aksesoris pipa ini, ada baiknya mengetahui beberapa jenia sambungan untuk pipa beserta fungsinya. Berikut ini beberapa macam sambungan tersebut yang biasa digunakan saat instalasi pipa air. 


1. Socket 

Socket atau shock digunakan untuk menyambungkan pipa yang memiliki ukuran diameter sama. Fungsi dari sambungan untuk pipa ini adalah untuk memperpanjang pipa PVC. Ada beberapa jenis socket yang biasa digunakan yaitu socket polos, untuk menyambungkan beberapa potongan pipa. 
Socket drat dalam untuk menyambungkan dari keran air ke pipa, beserta socket drat luar yang menjadi pasangannya. Socket drat luar polos dan socket drat dalam polos juga memiliki fungsi yang hampir sama, hanya saja salah satu ujung sambungan pipa memiliki ulir dan lainnya polos. 

2. Elbow 

Elbow atau elbow knee merupakan sambungan untuk pipa yang berbentuk menyerupai huruf L. Biasa digunakan untuk membelokkan saluran dengan sudut yang tajam. Terbagi dalam beberapa jenis antara lain elbow knee 45 derajat, elbow knee polos, elbow knee drat dalam dan elbow knee drat dalam polos. 

3. Tee Stuck 

Tee Stuck merupakan sambungan yang berbentuk T. Digunakan untuk membagi saluran air menjadi dua arah. Sambungan untuk pipa jenis ini terbagi beberapa macam yaitu tee stuck polos, tee stuck drat, Y stuck dan double tee stuck. 

4. Reducer

Sesuai namanya, sambungan untuk pipa yang satu ini berfungsi untuk mengecilkan aliran air dalam saluran. Aksesoris pipa jenis ini terbagi dua sesuai fungsinya. Reducer elbow untuk meredam aliran air dengan saat dibelokkan. Serta reducer shock untuk memperkecil aliran air di dalam socket.  

5. Adapter 

Adapter berfungsi untuk menyambungkan pipa dengan ukuran diameter yang berbeda. Sambungan ini biasanya digunakan jika ukuran pipa PVC dalam instalasi beragam atau memiliki kemampuan menahan tekanan yang berbeda. 

Itulah beberapa jenis sambungan pipa yang biasa digunakan dalam penyusunan instalasi pipa air PVC. Untuk aksesoris pipa yang berkualitas dan tidak mudah pecah, gunakanlah sambungan dari Rucika yang memiliki berbagai jenis sambungan yang lengkap sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.  

Takut pipa air di rumah Anda mudah bocor? Biasanya hal itu terjadi karena proses penyambungan tidak diimbangi  dengan tips cerdas alias sembarangan saja. Lalu, apa saja sih tipsnya? Ini Dia Beberapa Tips agar Sambungan Pipa Tidak Mudah Bocor.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.