Header Ads

Struktur Penulisan Berita Terkini dengan Konsep Piramida Terbalik

Situs Elektronik - Saat ini, banyak sekali wartawan yang menulis berbagai berita terkini. Baik itu berita di bidang kriminal, politik, ekonomi, isu sosial dan masih banyak lagi. Namun, agar menjadi sebuah berita yang baik, berita yang ditulis haruslah mengikuti konsep yang telah ada. Misalnya mengikuti unsur 5W + 1 H. 

Namun, selain menggunakan unsur 5W + 1H, Anda juga bisa menggunakan konsep priamida terbalik untuk membuatnya. Piramida terbalik adalah struktur berita yang menempatkan informasi dengan urutan prioritas paling penting di bagian atas dan unsur pendukungnya kemudian. Lalu, seperti apa struktur dari konsep piramida terbalik ini? 


1. Lead atau Prioritas Utama Penting 

Kepala berita ini merupakan puncak dari berita dengan konsep piramida terbalik. Pada urutan ini, prioritas utama pentingnya informasi yang disampaikan dalam berita ada di sini. Penulis harus menuliskan informasi utama yang menjawab sebagian besar pertanyaan dari konsep 5 W + 1 H. 

Kenapa harus begitu? Sebab, biasanya sebuah berita akan melalui proses edit di bagian editor. Nah, dalam tahap ini, biasanya beberapa bagian terutama yang ada pada bagian akhir akan dipotong. Bila hal ini terjadi, setidaknya berita yang disampaikan masih memiliki arti dan layak disebut sebagai sebuah berita yang baik. 

2. Neck atau Sangat Penting 

Leher berita dari berita terkini yang Anda tulis ini adalah berisi informasi sangat penting, namun masih di bawah prioritas utama. Pada bagian ini, biasanya disampaikan alur ataupun penyambung alur dari berita tersebut. Jadi, apa yang ada di bagian kepala berita, dijelaskan lebih detail di bagian ini. 

Meski begitu, kadang bagian ini juga dilengkapi dengan gagasan-gagasan yang sifatnya lebih rendah dibanding yang ada pada bagian kepala. Tapi, tujuan utama dari bagian leher berita ini adalah memberikan informasi lebih lengkap. Dari sinilah Anda bisa melihat perkembangan berita terkini yang Anda tulis. 

3. Body atau Cukup Penting 

Selanjutnya adalah bagian badan berita. Umumnya, pada bagian ini hanya berisi penjabaran dari gagasan berita yang ada dalam bagian kepala dan leher berita. Penjelasan yang ada pada bagian ini biasanya hanya bersifat cukup penting saja. Sebab, hanya memberikan informasi yang sedikit dibanding informasi utama. 

Biasanya, bagian badan berita ini berisi informasi mengenai jawaban atas unsur why dan unsur how. Jadi, di bagian ini sebuah peristiwa yang diceritakan dalam berita diceritakan secara runut meskipun sebenarnya tidak terlalu penting untuk diketahui pembaca ataupun pendengar. 

4. Body Lanjutan atau Kurang Penting 

Bagian terakhir dari sebuah konsep piramida terbalik saat menulis berita adalah body lanjutan yang sebenarnya kurang penting. Data yang ada dalam bagian ini biasanya kurang penting ataupun tidak penting untuk diketahui oleh pembaca atau pendengar. Isi dari bagian ini misalnya saja nama-nama orang yang mengalami suatu peristiwa kecelakaan. 

Pada bagian ini pula, biasanya editor banyak memangkas sebuah berita yang ditulis. Sebab, bagian ini tidak terlalu berpengaruh pada subtansi atau pokok bahasan dari berita yang ditulis. Jadi, tanpa bagian ini pun sebenarnya sebuah berita sudah bisa dikatakan berita. 

Itulah struktur dari konsep piramida terbalik dalam penulisan sebuah berita terkini. Memang, penulisan berita dengan konsep ini terlihat mudah. namun tidak bisa dianggap mudah juga. Anda harus benar-benar memahami konsepnya sebelum berhasil menulis sebuah berita yang baik dan memenuhi kaidah yang tepat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.