Header Ads

Cara Mudah Mentransfer Uang Melalui ATM


Situs Elektronik - Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segala bidang garapan manusia akan semakin mudah. Bagian teknologi yang sekarang ini semakin menjadi-jadi adalah transaksi online. Bahkan sekarang ini belanja online menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa di hindarkan dari warga Innodesia yang semaki konsumtif di era yang smeakin modern ini. Transaksi yang dilakuka secara online ini tentu saja membuat penjual maaupun pembeli bertransaksi menggunakan bank sebagai media pembayarannya. Karena memang bank memiliki fitur transfer uang yang bisa dilakukan dari bank mana pun ke ank manapun. Dengan persyaratan menambah biaya transfer. Selain itu untuk melakukan transfer, sebelum anda memasukan nomor rekening tujuan anda, anda harus memasukkan sejumlah uang yang anda tuju.

Sebelum kita jauh membahas mengenai transfer mentransfer. Kegiatan yang berhubungan dengan bank ini, sekarang ini memang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. Baik bisnis mereka yang dilakukan secara online, maupun offline. Karena dengan transaksi semacam ini akan memudahkan anda dalam perdagangan. Baik dari segi pembeli maupun penjual akan sama-sama enaknya. Sehingga tak heran juga ada bebeapa pedagang yang memiliki beberapa rekening bank yang berbeda-beda demi mengimbangi pelanggan yang juga memiliki rekening dari berbagai jenis bank yang berbeda pula. Namun, tak sedikit pula pedagang yang hanya memiliki satu rekening saja, sehingga pelanggan harus menambah biaya untuk transfer ke rekening pedagang tersebut. Walapun tidak banyak, terkadang ada beberapa pelanggan yang komplain mengenai hal tersebut.

Kegiatan pengiriman uang ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama anda bisa mengunjungi bank cabang dari rekening tujuan. Sehingga anda bisa langsung mengirimkannya melalui teller dan membayar biaya kirim secara langsung di teller. Kemudian untuk cara yang kedua adalah dengan transfer melalui ATM. Yang mana anda harus memasukkan kode transfer bank tujuan anda sehingga uang tersbeut bisa terkirim ke akun yang berlainan bank ini. Dan biasanya biaya akan diamil dari uang yang ada pada ATM anda tersebut. Lebih simpel yang mana? Ke bank atau ke ATM? Itu semua tergantung dari pilihan anda sendiri. Namun, jika dilokasi anda jarang ditemukan merchant bank tertentu, maka ada baiknya anda menggunakan ATM untuk mentransfer uang. Kode yang digunakan ini adalah jenis kode yang dilakukan untuk transaksi antar bank saja. Dan kodenya telah ditentukan oleh pusat. Sehingga ada keseragaman kode di seluruh Indonesia dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah karena dibantu oleh sistem teknologi yang semakin canggih. Anda bisa transfer dari ATM bank apapun menuju ke rekening bank manapun juga. 


Kode bank ini biasanya sudah tersedia di masing-masing mesin ATM. Anda tinggal melihat daftarnya disana. Namun, karena teknologi semakin berkembang, saat ini transfer tah hanya bisa dilakukan di ATM saja, bisa melalui SMS Banking atau Internet Banking atau juga bsa menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh bank. Sehingga anda tak perlu repot-repot mencari ATM kesana kemari hanya untuk transfer. Sistemnya juga hampir sama jika anda transfer dengan menggunakan ATM biasa. Anda juga perlu memasukkan kode bank yang anda tuju untuk mentransfer uang anda. Biasanya kalau Internet Banking dan penggunaan aplikasi, anda bisa langsung memilih saja kode bank yang anda tuju. Sedangkan untuk SMS Banking, mungkin anda perlu mencari terlebih dahuu daftar kode bank yang sesuai dengan bank tujuan anda. Sekarang ini ada banyak  website di internet yang menyediakan daftar kode bank, sehingga anda dapat dengan mudah transfer dengan menggunakan cara apapun. 

Berikut adalah daftar kode bank yang mungkin biasanya bank ini paling sering digunakan oleh warga Indonesia:

BANK BCA    014
BANK MANDIRI    008
BANK BNI    009
BANK BNI SYARIAH    009
BANK BRI    002
BANK CIMB NIAGA    022
BANK MUAMALAT    147
BANK BRI SYARIAH    422
BTN    200
PERMATA BANK    013
BANK DANAMON    011
BANK BII MAYBANK    016
BANK MEGA    426

Setelah anda mengetahui kode bank yang akan anda tuju, anda bisa melakukan transfer dengan cara apapun. Jika anda transfer menggunakan ATM, anda bisa memasukkan kode bank ini di awal digit sebelum anda memasukkan digit no rekening tujuan anda. Jika anda melakukan transfer dengan menggunakan aplikasi anda hanya harus meng-klik pada pilihan bank tujuan tranfer anda, kemudian memasukkan nomor rekening tujuan, dan jika menggunakan SMS Banking maka anda harus mengikuti format SMS Banking yang telah ditentukan oleh masing-masing bank. Format transfer pad SMS Banking pada umumnya adalah Transfer_kode bank_no rek_nominal. Kurang lebih akan seperti itu, teragantung pada kebijakan bank masing-masing. Cukup mudah bukan? Anda tak harus menghafalkan kode yang dimiliki pada masing bank ini. Karena memang hal ini sudah banyak yang menyediakan. Anda tingga mengeceknya sesuai dengan kebutuhan anda.

Apalagi diera sekarang ini, membuat anda bisa melakukan apapaun hanya dengan menggunakan smartphone anda yang cukup canggih. Ada banyak aplikasi yang dapat mendukung segala kegiatan anda. Bahkan untuk kegiatan transfer ke orang lain ini. Baik sesama bank maupun ke beda bank anda dapat dengan mudah melakukannya. Hal ini memang tak lepas dari jasa orang-orang yang telah mau mengembangkan dan memberikan inovasi teknologi yang semakin memudahkan pekerjaan manusia. Namun, kemajuan ini jagan membuat anda semakin terlena. Ada baiknya anda memiliki filter untuk menerima segala invasi yang ada juga berdasarkan kebutuhan dan prinsip anda. Jangan samapi kemudahan ini mengubah kehidupan dan kepribadian anda. Teknologi boleh dikembangkan tapi tidak untuk menggeser nilai moral yang telah mendarah daging di kebudayaan timur terutama Indonesia.

Penggunaan dari kode bank ini hanya salah satu bagian terkecil dari perkembangan teknologi. Mungkin sepuluh sampai dua puluh tahun lagi, cara transfer yang seperti ini akan ditinggalkan karena ada cara yang lebih mudah lagi. Bahkan sebenarnya kemudahan transfer ini sekarang jauh lebih canggih lagi. Tak perlu anda jauh-jauh ke masa depan karena sekarang ini ada yang namanya payment gateway yang bisa membuat anda bisa transfer ke semua bank tanpa harus menggunakan kode bank tadi. Namun, anda harus daftar terlebih dahulu ke salah satu payment gateway yang ada. Namun, terkadang penggunaan teknologi ini hanya dilakukan oleh pebisnis online saja untuk mempermudah sistem pembayaran mereka tanpa harus memiliki beberapa rekening bank untuk menerima pembayaran dari pelanggannya yang menggunakan bank lain. Serta teknologi ini memang di desain untuk bidang perdagangan karena dapat melakukan ribuan transaksi dalam satu waktu dengan sangat cepat bahkan anda bisa melihat laporan pembayarannya dengan mudah. Karena memang setiap payment gateway memiliki fitur di dasboardnya demi kenyamanan dari penggunanya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.