Header Ads

Dengan E-Toll Pass, Transaksi Anda Selesai Hanya dengan 6 Detik

E-Toll Pass adalah layanan pada gerbang tol yang memungkinkan Anda tidak perlu memberhentikan kendaraan saat akan melakukan transakssi pembayaran. E-Toll Pass sendiri sudah terkenal di kalangan pengguna jalan tol mengenai kualitas kecepatan dan kemudahanya. Layanan ini dapat Anda nikmati jika Anda menggunakan transaksi e-toll.

Layanan e-toll card sudah diterapkan oleh hampir semua gerbang tol yang ada di Jabodetabek. Oleh karena itu, masyarakat mulai mengganti sistem pembayaran lama yang mengandalkan petugas menjadi transaksi pembayaran dengan e-toll card. Kartu ini diakui membuat pembayaran gerbang tol menjadi lebih cepat dan nyaman.

Tujuan dibuatnya e-toll oleh PT Jasamarga adalah untuk mengurangi adanya antrean di area gerbang tol. Sehingga dapat memaksimalkan pelayanan terbaik bagi para pengendara yang menggunakan jalan tol. PT Bank Mandiri juga meluncurkan Mandiri E-Toll Pass untuk mendukung program baru tersebut.

Untuk pembayaran, Anda dapat memilih satu dari dua jenis transaksi yang berbeda. Transaksi pertama Anda akan melalui gerbang GTO, kemudian membuka jendela untuk menunjukkan kartu sebagai alat pembayaran. Transaksi kedua Anda melewati gerbang bertuliskan E-Toll Pass tanpa perlu memberhentikan kendaraan untuk melakukan pembayaran.

Tentu pilihan E-toll Pass lebih menggiurkan untuk Anda. Di samping tidak perlu buru-buru untuk membuka jendela dan menunjukkan kartu, Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi tanpa melakukan apapun. Karena pembayaran e-toll card akan dilakukan secara otomatis  dalam jarak jauh, dengan mengandalkan perantara sinar infra merah.

Namun untuk dapat menggunakan layanan E-Toll Pass, Anda harus memiliki perangkat onboard yang terpasang di kaca depan mobil Anda. Hal ini dikarenakan tidak semua gerbang tol memiliki perangkat ini. Saat ini perangkat onboard sudah dapat Anda temukan di Pasaran.

Karena sempat terjadi beberapa masalah pada penggunaan perangkat onboard. PT Jasamarga berusaha mencari penanganan terbaik untuk masalah ini. Meski sempat kecewa, Menteri PT BUMN, Dahlan Iskan, memuji ketangkasan PT Jasamarga dalam mengatasi masalah ini. Dengan menciptakan onboard berteknologi baru untuk memperbaiki kegagalan E-Toll Pass.

Bahkan Direktur utama PT Jasamarga berjanji untuk menggratiskan penggantian perangkat dari onboard yang lama ke onboard yang baru. Menurutnya teknologi perangkat terbaru ini sudah digunakan di Malaysa dan Italia. Beliau berujar untuk segera membawa onboard lama ke Jasamarga, agar dapat diganti onboard baru secara gratis beserta pemasangannya.

Salah satu keuntungan onboard yang baru adalah harganya yang lebih murah dari onboard yang lama. Jika onboard yang lama memiliki harga 650 ribu, kini onboard baru bisa Anda dapatkan dengan uang sebesar 450 ribu. Beliau menyadari jika saat ini masih banyak onboard yang belum tersedia pada gardu tol.

Jika Anda memilih sistem pembayaran E-Toll Pass, Anda hanya perlu menjalankan kendaraan dengan kecepatan 10 km/jam. Proses transaksi hanya berlangsung kurang dari 6 detik, waktu yang sangat efektif dalam melakukan pembayaran. Setelah itu, akan muncul bunyi beep pada perangkat onboard pertanda bahwa transaksi Anda sudah selesai dilakukan.

Penggunaan E-Toll Pass sebenarnya dibuat untuk kemudahan pengguna itu sendiri. Anda dapat mengikuti twitter @PTJasamarga dan instagram @Official untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan jalan tol. Pilihan untuk melakukan pembayaran e-toll card di GTO, ataupun membayar dengan sistem E-Toll Pass ada di tangan masing-masing pengguna.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.