Header Ads

Mengenal Apa Itu Barcode Printer Dan Fungsinya


Barcode, siapa yang tidak kenal dengan kode batang ini yang terdapat pada bungkus berbagai kemasan dari barang konsumsi hingga barang pakai. Barcode merupakan kode batang yang digunakan untuk mendata sebuah produk agar tidak tertukar dengan produk lainnya dan agar memudahkan dalam sistem pendataan. Untuk mendapatkan sebuah labeh barcode tentunya kita harus membuatnya dengan menggunakan barcode printer. Anda bisa mendapatkan alat barcode ini dengan mudah ditoko online atau oflline jual barcode printer


Barcode printer merupakan salah satu jenis printer yang memiliki fungsi dan sistem kerja yang berbeda dari jenis printer pada umumnya. Jika dilihat dari cara kerjanya, barcode printer dihubungkan pada komputer atau laptop sebagai alat untuk membuat bentuk barcode. Barcode printer tersedia untuk berbagai operasi sistem seperti windows, linux, hingga sistem operasi mac pun sudah ada. Anda bisa memilih sesuai dengan operasi sitem pada laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Secara fungsi dan penggunaan, membuat barcode tidaklah mudah maka dari itu dibutuhkan pembelajaran dan pengetahuan. Penggunaan barcode printer dalam dunia usaha masih sangat jarang, karena harga jual barcode printer tergolong cukup mahal. Dan mengingat harganya yang mahal maka dari itu sangat disarankan untuk Anda yang tidak pernah menggunakannya mungkin bisa meminta bantuan pengoperasian pada operasionalnya agar barcode printer dapat beroperasi dengan baik. Dengan menggunakan barcode printer tentunya hasil label barcode akan jauh lebih rapih dibanding dengan barcode yang Anda buat sendiri dengan printer biasa. 

Terdapat beberapa jenis dan tipe printer barcode yaitu barcode denga tipe dua dimensi dan satu dimensi. Setiap jenis printer barcode tentunya memiliki perberdaan satu sama lain, untuk harga jual barcode printer sendiri biasanya ditentukan berdasarkan merk, tipe dan fitur yang terdapat pada printer, untuk merk barcode printer sendiri yang bisa Anda temukan dengan mudah dipasaran adalah seperti zebra, hp, honeywell, citizen, toshiba, tsc dan merk lainnya. Untuk merk yang paling banyak dicari dan digunakan adalah produke merk TSC dan Zebra.  Penggunaan barcode printer banyak digunakan dalam dunia usaha retail dan produksi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.