Header Ads

Lima Langkah Mudah Membuat Interior Rumah yang Ramah Anak-anak

Biasanya, interior sebuah rumah didesain hanya dengan memikirkan aspek kenyamanan dan maksimalisasi ruang, namun sangat jarang yang memang mendesain rumah untuk ramah terhadap kegiatan anak-anak. Sungguh disayangkan, padahal anak adalah aset berharga yang tak ternilai harganya, dan kalau sampai anak-anak Anda terluka ketika sedang bermain di dalam rumah tidakkah Anda akan menyesal karena membiarkan hal buruk tersebut terjadi di dalam rumah? 

Untuk mencegah adanya resiko kecelakaan pada anak-anak ketika sedang bermain di dalam rumah, ada baiknya Anda mengaplikasikan jenis design interior yang aman untuk mobilitas anak-anak. Terlebih untuk  Anda yang tinggal di pusat ibukota, disarankan Anda berkonsultasi dan menggunakan jasa interior design Jakarta yang berkualitas untuk merencanakan design rumah yang tidak hanya elok dipandang mata, namun juga aman untuk anak-anak Anda. 

Namun selain tinggal menyerahkan urusan desain interior ruangan pada ahlinya, ada beberapa tips yang dapat berguna untuk Anda dalam menciptakan rumah yang ramah anak-anak. Berikut lima langkah mudahnya!
  1. Jangan hanya memusatkan perhatian pada satu titik saja
    Salah satu kesalahan yang acapkali dilakukan orang-orang dalam mendesain rumah yang ramah anak-anak adalah hanya memusatkan perhatian pada satu titik saja, misalnya ruang tamu, dengan alasan ruang tamu adalah area yang paling sering dibuat tempat bermain oleh anak-anak Anda.
    Tidak salah memang, namun alangkah lebih baik bagi Anda untuk tidak hanya berfokus pada titik ruang tamu saja. Pasalnya, anak-anak kecil cenderung bergerak ke sana kemari. Bisa saja anak-anak main tidak hanya di ruang tamu, namun juga di teras rumah, kamar tidur, atau bahkan dapur. Untuk memerintah anak-anak untuk tetap tinggal di satu tempat pun bukan hal yang mudah.
    Nah, jika sudah begini, apakah masih ideal untuk memusatkan desain interior yang ramah anak-anak hanya di satu titik saja?
    Akan lebih baik untuk membuat seluruh bagian dalam dan luar rumah ramah dan aman terhadap seluruh kegiatan anak-anak Anda, dan tidak hanya terbatas pada ruang tamu saja.
     
  2. Buat desain area anak menarik untuk anak-anak dan juga orang dewasa
    Buang jauh-jauh pikiran bahwa area anak harus serba cerah dan mencolok. Anda juga dapat menggunakan palet warna natural, atau pastel untuk area anak. Jangan lupa untuk sesuaikan juga dengan warna furnitur-furnitur yang akan Anda gunakan.
    Dengan pengaplikasian desain interior sedemikian rupa, area anak tidak hanya akan terasa nyaman untuk anak-anak, namun juga untuk orang-orang dewasa yang menjaganya.
     
  3. Sediakan furnitur seukuran anak-anak
    Ketika sedang makan malam dengan keluarga, mungkin sesekali anak Anda ingin ikut makan bersama dengan Anda. Atau karena pernah melihat Anda menyetir mobil, maka anak Anda juga ingin mengendarai mobil. Memang usia anak-anak adalah masa-masa mereka meniru apa yang orang dewasa lakukan. Jika keinginan mereka tidak terpenuhi, maka mereka akan menangin meraung-raung.
    Nah, untuk itu, Anda dapat menyediakan berbagai furnitur berukuran kecil yang dapat mereka pakai untuk bermain, seperti kursi dan meja makan yang pas untuk ukuran mereka, atau mobil-mobilan kecil yang dapat mereka kendarai di dalam rumah.
     
  4. Penuhi ruangan dengan berbagai mainan yang dapat mengundang kreativitas anak-anak
    Hindari menggunakan jenis mainan yang hanya dapat digunakan dengan satu cara, dan perbanyak mainan-mainan yang dapat mengasah kreativitas mereka seperti Lego, instrumen musik, dan kostum-kostum lucu. Dengan menyediakan berbagai mainan seperti demikian, otak anak Anda akan dapat berkembang dengan maksimal. Anda juga dapat menyediakan buku, kertas tulis, kertas karton, atau puzzle.
     
  5. Desain ruangan agar mudah dibersihkan
    Akan sangat merepotkan jika Anda memiliki banyak perabotan dan perabotan-perabotan tersebut tidak disusun dengan baik, alhasil rumah akan terasa sangat berantakan karena furnitur yang tidak tersusun rapi akan menyulitkan proses bersih-bersih. Belum lagi jika perabotan Anda memiliki banyak kolong. Banyak mainan anak-anak yang dapat terperangkap di kolong tersebut, dan sudah pasti akan tidak mudah untuk membersihkannya. 
Pastikan Anda juga menggunakan jenis cat yang dapat dibersihkan dengan mudah jika terkena noda karena anak-anak pasti sangat suka menggambar dan menulis di manapun, termasuk di dinding.

Itulah kelima langkah mudah untuk menciptakan rumah yang ramah terhadap anak-anak. Selalu berikan pengawasan terbaik untuk anan-anak Anda!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.