Header Ads

Waktu Ternyata Jauh Lebih Berharga Daripada Uang

Mana yang akan kamu pilih, memiliki waktu atau memiliki uang yang banyak? Waktu dan uang merupakan hal penting dalam hidup kita. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh Society for Personality and Social Psychology dalam enam studi terakhir yang mereka lakukan terhadap lebih dari 4.600 peserta, peneliti menemukan bahwa antara harus memilih memiliki uang dan waktu itu cukup sulit.

Namun keduanya juga menjadi prioritas. Bagi orang-orang yang masih muda mereka nyatanya lebih menghargai uang daripada waktu. Sedangkan untuk orang yang yang sudah lanjut usia, waktu lebih berharga dibanding uang.

“Seiring bertambahnya usia, mereka sering menghabiskan waktu dengan cara yang lebih bermakna dari sekadar mencari uang,” tutur Ashley Whillans pemimpin dari penelitian tersebut.

Dilansir dari Sciencealert, Senin (18/1), pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam riset tersebut adalah hal-hal yang berhubungan dengan keseharian mereka.

Misalnya, lebih baik memilih apartemen yang jauh dari tempat aktivitas tapi mewah, atau dekat tapi biasa saja. Ada pula pertanyaan pilih pekerjaan dengan jam kerja lebih lama dengan gaji tinggi, atau jam kerja lebih pendek dengan gaji lebih rendah.

“Tampaknya orang memiliki preferensi yang stabil untuk menghargai waktu mereka lebih bisa menghasilkan lebih banyak uang. Selain itu, memprioritaskan waktu juga terkait dengan kebahagiaan yang lebih besar,” papar Whillans.

Dalam penelitian menyimpulkan tidak berarti uang nggak penting. Jika kamu hanya fokus pada waktu dan tidak menghargai uang, cara ini juga tidak dibenarkan. Toh masih banyak orang yang memilih mencari uang selagi masih bisa.

Hanya saja memiliki lebih banyak waktu luang, lebih penting untuk kebahagiaan daripada memiliki banyak uang. “Kamu bisa menggunakan waktu luang untuk pergi berlibur atau beristirahat dan memanjakan diri sendiri. Jadi, jangan terjebak dengan jam kerja ekstra, nikmati “me time” kamu selagi masih bisa,” jelas Whillans.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.