Header Ads

Sukses Berbisnis Di Instagram Dengan Cara Ini

Sekarang ini, siapa pun bisa jadi pengusaha. Kamu juga. Tak perlu susah-susah harus buka toko dulu, mulai saja secara online. Kamu bisa memanfaatkan beragam akun media sosial untuk menjual produkmu. Yang ngetren banget sekarang ini adalah berbisnis melalui Instagram.

Nah, gimana ya memulai bisnis lewat Instagram biar sukses ke depannya? Dilansir dari COSMOPOLITAN, Jumat (27/11), berikut tipsnya buat :

1. Atur dasar bisnismu
Yup, langkah paling awal memulai bisnis adalah mengatur dasar bisnismu itu. Buatlah logo yang kamu cintai, deskripsikan tujuan bisnismu dengan jelas, kuat, dan to the point terhadap apa yang kamu lakukan. Sertakan email bagi orang yang hendak menghubungi di kartu nama bisnis atau di poster bisnismu, tepat berdekatan dengan logomu. Boleh juga kamu buat blog atau website khusus produk dan hal terkait bisnismu. Baru deh, nanti kamu posting dalam bentuk foto sederhana terkait logo di akun Instagram, cantumkan nomor kontak dan email yang bisa dihubungi plus blog atau website resmi bisnismu di bio akun Instagram.

2. Rancang isi
Kamu butuh banyak konten berkualitas yang mencerminkan merek bisnismu. Sangat penting untuk menciptakan tampilan yang membuat orang bisa mengenali merek bisnismu. Membuat rancangan isi akun Instagram membuat kamu nggak akan bingung mau memposting apa saja setiap waktunya. Dengan adanya rancangan, kamu juga bisa mempersiapkan tampilan foto terbaik terkait produk atau merek bisnismu.

3. Selalu ingat waktu yang tepat

Untuk memastikan postingan foto produkmu dilihat banyak orang, posting pada waktu terbaik. Kamu bisa minta bantuan teman yang bisa melakukan analisis pasar atau teman yang sudah berpengalaman menggunakan akun Instagram sebagai sarana berbisnis, guna mengetahui waktu terbaik tersebut. Dengan begitu, semakin banyak orang melihat, semakin banyak yang tahu dan penasaran dengan produk bisnismu.

4. Konsisten dengan caption dan foto
Kalau kamu berniat berbisnis lewat Instagram, pastikan postinganmu hanya berisi terkait produk bisnismu, baik dari foto maupun caption. Sebisa mungkin bedakan dengan akun Instagram pribadi kamu, ya. Tujuannya adalah biar orang nggak bertanya-tanya (atau cenderung ilfeel) sama akun Instagram khusus bisnismu itu. Perhatikan juga cara memosting foto di Instagram biar user lain terpikat dengan produkmu. Jangan lupa kasih caption apik dan unik biar orang semakin penasaran.

5. Tebar jalan dengan orang sejenis
Maksudnya adalah jalin komunikasi dan relasi dengan pebisnis lain yang lebih andal dan berpengalaman. Misalnya mulai follow akun Instagram mereka, love foto mereka, perkenalkan diri, kasih komentar, dan perlahan interaksi terjalin. Dari dia kamu bisa belajar banyak tentang bisnis, yang bisa mendongkrak kemajuan bisnismu.

6. Jalin ikatan dengan followermu
Yup, jangan remehkan respons dari followermu. Perhatikan komentar mereka, baik saran maupun kritikan. Semakin kamu loyal kepada mereka, semakin mereka bisa berpotensi loyal kepada produkmu. Mereka akan membantu mempromosikan produkmu sehingga bisnismu bisa semakin tumbuh subur.

7. Belajar dari komunitas
Instagram bukan hanya menjadi wadah pajangan produk, tapi tempat orang berbagi. Semisal ada komunitas yang terkait bisnismu di Instagram, jangan ragu follow dan ambil ilmu dari mereka. Perluas jaringan dan perbanyak wawasan akan membantu bisnismu berkembang.

8. Temukan pelanggan dan partner baru
Instagram dapat memfasilitasimu bertemu orang baru dan menjalin kerja sama. Manfaatkan itu. Seperti disinggung di atas, saat kamu memfollow akun pebisnis lain yang sejenis dengan kamu atau nggak, kamu bisa belajar dari dia. Saat kamu menjalin relasi hangat dengan follower, kamu bisa menambah banyak pelanggan. Menguntungkan, kan?

9. Catat setiap pertumbuhan atau pencapaianmu setiap hari
Cara seperti ini selain membantumu merekap data, juga bisa dijadikan bahan evaluasi guna mengetahui aspek yang kurang dan yang lebih dari bisnismu. Saat mengetahui aspek yang kurang, kamu bisa memperbaikinya. Saat ada aspek yang sudah bagus, kamu bisa lebih memaksimalkannya.

Jadi, jangan ragu mulai bisnis lewat Instagram, ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.