Header Ads

Raih Pekerjaan Impian Anda Dengan Tips Ini

Mencari pekerjaan bukan hal mudah. Jutaan orang di dunia merasakannya. Bagi mereka yang tengah mencari pekerjaan biasanya diberi kiat klasik: perbaiki resume ataucurriculum vitae dan kirim ke berbagai perusahaan.

Menurut data Organisasi Buruh Internasional (ILO) jumlah angkatan kerja di Indonesia diperkirakan 125,3 juta pada Februari 2014 atau naik 5,2 juta dibandingkan Agustus 2013. Sedangkan jumlah angkatan kerja yang menganggur pada Agustus 2013 sebesar 7,4 juta dan turun pada Februari 2014 menjadi 7,2 juta.

Data terakhir BPS, dilansir CNN Indonesia, pengangguran pada Februari 2015 mengalami peningkatan. Bila dibandingkan dengan Februari tahun lalu bertambah 300 ribu. “Ini karena ekonomi melambat, sehingga terjadi peningkatan pengangguran,” ujarnya di Jakarta (5/5/2015).

Para pencari kerja jangan ciut. Harus tetap opstimistis. Coba berselancar di berbagai situs lowongan pekerjaan atau datang ke bursa pekerjaan seperti di Gelora Bung Karno pada bulan lalu. Jumlah lowongan pekerjaan masih banyak. Sekarang bagaimana menyiasiati agar pekerjaan impian bisa diraih.

Huffington Post melansir, sebelum Anda menentukan pekerjaan impian, coba identifikasi apa yang Anda suka. Lalu lihat kemampuan apa saja yang Anda miliki, misalnya memiliki kemampuan bahasa asing atau memprogram komputer. Kemampuan ini harus selaras dengan yang Anda suka.

Elite Daily memberikan 10 tip yang membuktikan bahwa mendapatkan pekerjaan impian tidak sesulit yang Anda bayangkan.

1. Buat daftar perusahaan yang Anda impikan

Tulis sebuah daftar yang memuat: perusahaan, bisnis atau organisasi yang Anda suka.

Bila Anda suka dengan komunikasi atau humas maka Anda cari perusahaan konsultan komunikasi terbesar dan terbaik. Jika Anda suka informasi teknologi maka tulis perusahaan terbaik di bidangnya.

2. Berpikir di luar kebiasaan

Jangan terpaku ke pada satu perusahaan. Coba berpikir di luar kebiasaan (think outside the box). Misalnya bila Anda kesulitan mencari lowongan pekerjaan sebagai konsultan komunikasi di sebuah agensi. Anda bisa mencari posisi lowongan pekerjaan sebagai humas di hotel. Mungkin ini bukan impian, tapi bisa jadi sebuah langkah untuk mewujudkannya.

3. Buat daftar kota yang Anda suka

Jangan takut untuk mendaftar pekerjaan di luar kota Anda tinggal. Bila Anda suka kota di negara lain, seperti Singapura atau Melbourne, mengapa tidak mencoba melihat peluang di sana.

4. Catat hal yang Anda lakukan untuk perusahaan

Jika Anda mendapat kesempatan magang atau langsung bekerja, catat hal yang Anda lakukan untuk perusahaan tersebut. Kemudian hal-hal yang penting catat di resume daring Anda.

5. Ketahui departemen atau unit apa yang Anda incar

Mencari tahu struktur dan departemen di perusahaan yang Anda incar. Ini membantu dan memudahkan ketika Anda mencari pekerjaan yang cocok dan diimpikan.

6. Buat daftar situs tempat Anda menaruh resume
Anda pasti menaruh dan menyebar resume di berbagai situs lowongan pekerjaan. Catat di mana saja. Ini penting, agar saat Anda telah mendapatkan pekerjaan, Anda bisa menghapusnya.

7. Buat daftar semua pencapaian personal dan profesional

Buat semua daftar pencapaian Anda: proyek di sekolah, pekerjaan sampingan, belajar di luar negeri, peran kepemimpinan di organisasi kemahasiswaan atau menjadi relawan.

Bos Anda nanti biasanya ingin tahu kehidupan Anda di luar pendidikan formal. Jadi ketika ada pertanyaan saat wawancara, “Apakah pencapaian terbesar Anda?” Anda lebih mudah menjawabnya.

8. Buat daftar pertanyaan wawancara dan jawabannya

Buat semua pertanyaan dasar wawancara dan jawabannya. Termasuk pertanyaan “Coba jelaskan seperti apa diri Anda.”

Ya, mungkin Anda bosan dan sudah tahu jawabannya. Tapi dengan menuliskannya Anda akan terdengar jauh lebih siap dan terbiasa menjawab.

9. Buat daftar situs lowongan pekerjaan dan tip

Jangan malas membuka dan berselancar situs yang memberi tip dan nasihat soal karier. Anda juga bisa mencari surat lamaran yang menarik dan inspiratif.

10. Buat daftar di Twitter


Cobalah untuk membuat daftar orang-orang atau perusahaan yang inspiratif. Dengan daftar maka akan lebih mudah melihatnya, sehingga bila ada nasihat soal karier atau pekerjaan yang menarik tidak terlewat oleh Anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.