Header Ads

Minuman Ini Dapat Mengatasi Sulit Tidur Anda Di Malam Hari

Merasa lelah karena beraktivitas padat sehari-hari terkadang bikin sulit tidur. Nggak usah nunggu lelah dulu ada juga orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Nah, ada baiknya kamu mencoba untuk minum secangkir minuman hangat di malam hari sebelum tidur.

Penelitian menunjukkan ada tujuh minuman yang bisa dikonsumsi satu jam sebelum tidur. Tak hanya bikin tubuh jadi rileks, tidur kamu pun dijamin akan sangat nyenyak dan berkualitas serta membantu kamu merasa lebih segar keesokan harinya. Belum lagi manfaat kesehatan yang diberikan minuman hangat seperti melegakan tenggorokan, menghangatkan tubuh dan menenangkan sistem pencernaan.

Jadi, inilah tujuh minuman hangat yang bisa bikin tidurmu jadi lebih nyenyak, dilansir dari Boldsky, Kamis (13/8). Take a look!

1. Cokelat hangat

Minuman ini sering disalahartikan sebagai kakao. Secara tradisional, cokelat hangat adalah minuman yang jauh lebih kental dan memiliki konsistensi yang creamy. Itu karena cokelat hangat mengandung cocoa butter dan bubuk kakao.

Biasanya cokelat hangat dibuat dari bubuk kakao yang ditambahkan pada susu panas. Ada pula yang menambahkan topping seperti marshmallow dan whipped cream atau teh kocok. Namun, untuk pilihan yang lebih sehat, cukup tambahkan sedikit susu atau sirup coklat untuk membantu menangkan saraf.

2. Teh peppermint

Teh herbal ini memiliki kandungan nutrisi yang akan membantu tubuh menghilangkan stres, merilekskan otot serta saraf dan membuat kamu tidur lebih nyenyak. Ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk menurunkan rasa mual dan menghilangkan rasa cemas. Tambahkan sejumput jus lemon untuk membantu kamu tidur seperti bayi dan minumlah satu jam sebelum kamu tidur.

3. Teh chamomile

Seperti teh peppermint, teh satu ini juga merupakan pilihan minuman teh tanpa susu yang memiliki manfaat menenangkan saraf sehinga kamu bisa rileks dngan mudah dan tidur lebih nyenyak. Untuk hasil maksimal, nikmati tanpa campuran gula dan minum teh ini sekitar satu jam sebelum tidur.

4. Kakao


Banyak orang yang menganggap ini adalah minuman klasik yang dikonsumsi sebelum tidur. Menghirup cokelat panas bisa membantu penderita insomnia. Cara membuatnya adalah menggunakan biji kakao yang telah dipanggang, air panas dan sedikit rempah. Hingga saat ini, kakao masih menjadi pilihan minuman favorit sebelum tidur yang populer dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia.

5. Susu hangat

Apakah sejak kecil orang tua kamu selalu membiasakan untuk mengonsumsi susu sebelum tidur? Kalau iya, ada alasan ilmiah dan baik untuk hal itu. Asam amino dalam susu yaitu trytophan mampu membantu tubuh memproduksi hormon-hormon yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Susu juga kaya akan kalsium dan sumber protein yang baik. Tak heran jika minuman ini menjadi minuman sederhana, namun yang terbaik dikonsumsi sebelum tidur.

6. Susu madu

 
Beralihlah ke susu hangat jika kamu kurang tidur. Tambahkan satu sendok penuh madu ke dalam satu gelas susu hangat untuk membantu menangkan saraf dan merasa rileks sebelum tidur. Minuman ini juga membantu seseorang untuk merasa diremajakan keesokan harinya.

7. Teh jahe


Teh jahe panas membantu untuk menjaga lapisan perut tetap dingin dan memberikan waktu istirahat malam yang berkualitas. Tapi teh jahe harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dosis berlebihan akan mempengaruhi sistem pencernaan yang mengakibatkan gejala seperti iritasi di mulut, diare, mual dan bahkan mulas. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.