Header Ads

Ini Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Keyboard PC Anda


Sariawan bisa datang dan pergi sesuka hati. Munculnya bisa di bagian dalam pipi, bibir, di bawah lidah, dan di dasar mulut. Luka pada mulut ini bisa disebabkan sejumlah faktor, antara lain sembelit, perubahan hormon, kelebihan keasaman, gigitan tak disengaja, stres, sampai kekurangan vitamin C atau B, bahkan zat besi.

Sariawan biasanya bukan masalah serius, sembuhnya pun dalam waktu 7-10 hari. Tapi bagaimana pun, rasa perihnya itu ya, mana tahan?

Nah, dilansir brilio.net dari Top 10 Home Remedies, Sabtu (4/7), berikut bahan-bahan alami yang bisa mengobati sariawan.

1. Kelapa
Ya, air kelapa bisa meringankan rasa perih akibat luka sariawan. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan sedikit madu dalam satu sendok makan. Pijat ringan daerah yang terkena luka sariawan. Lakukan hal ini sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari. Atau, kamu bisa berkumur dengan air kelapa segar. Bisa juga kamu mengoleskan minyak kepala di area luka sariawan.

2. Madu
Madu bermanfaat untuk meringankan luka sariawan karena dia mempertahankan kelembaban dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, madu juga bersifat antioksidan dan antimikroba.

Kamu hanya perlu mencelupkan kapas dalam madu dan oleskan ke luka sariawan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan gliserin atau minyak vitamin E dengan cara yang sama.

3. Garam laut dan hidrogen peroksida
Kedua bahan tersebut memiliki sifat antiinflamasi, antiseptik, dan desinfektan. Oleh karena itu bisa menjadi obat untuk sariawan atau bisul di mulut, baik dicampur keduanya maupun dipisah.

Kamu cukup menambahkan dua sendok teh garam laut dan 3% hidrogen peroksida ke dalam segelas air hangat. Aduk sampi larut. Lantas berkumurlah dengan campuran tersebut. Ulangi sekitar dua kali dalam sehari.

4. Lidah buaya
Mengoleskan gel lidah buaya bisa meredakan nyeri sariawan, mempercepat penyembuhan, sekaligus bekerja sebagai antiseptik alami. Selain itu, lidah buaya juga bersifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Tak heran bila dia bagus untuk membantu penyembuhan sariawan.

5. Seledri
Seledri yang kamu temui di sop, bisa lho menyembuhkan sariawan. Ternyata, kamu cukup mengunyah tangkai seledri segar. Sebab seledri bersifat analgesik dan anti-inflamasi. Selain itu, seledri mengandung asam folat dan vitamin B1, B2, B6, dan C.

Nah, setelah mengunyah batang seledri, biarkan kunyahan itu di bagian luka sariawan selama sekitar 10 menit. Baru setelah itu kamu membuangnya.

6. Kemangi
Kemangi merupakan daun yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Kamu cukup mencuci empat atau lima daun kemangi secara menyeluruh. Kunyahlah beberapa saat lantas buanglah. Segeralah berkumur setelah itu. Lakukan ini sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari. Selain bisa menyembuhkan sariawan, kemangi bisa bikin bau mulutmu wangi.

7. Es batu
Es batu merupakan obat rumah efektif untuk mematikan rasa sakit sariawan. Kamu bisa meletakkan es batu di luka sariawanmu kala lukanya benar-benar “membara”. Hanya saja, mungkin es batu sebatas meredakan nyerinya, namun tidak mempercepat penyembuhan.

8. Akar Licorice
Akar licorice mampu menawar rasa sakit dan membentuk lapisan pelindung pada selaput lendir yang tahan iritasi dan menenangkan luka terbuka. Bahan yang disebut di Indonesia dengan sebutan akar manis ini, juga memiliki sifat anti-inflasmi dan antimikroba.

Kamu cukup merendam satu sendok makan akar licorice yang sudah ditumbuk sampai hancur, ke dalam dua cangkir air selama dua sampai tiga jam. Lantas, gunakan sebagai obat kumur selama beberapa kali dalam satu hari. Kalau tidak menemukan bahan dasarnya, kamu bisa mendapat ekstraknya dengan nama licorice deglycyrrhizinated (DGL) dalam bentuk tablet kunyah. Bisa juga ekstrak ini kamu larutkan dalam air hangat.

9. Ketumbar
Ketumbar bisa mengurangi peradangan sariawan, lho. Kamu cukup merebus satu sendok teh biji ketumbar dalam secangkir air. Saring dan biarkan dingin. Lantas berkumurlah dengan air saringan tersebut. Lakukan sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari.

10. Baking soda
Natrium bikarbonat ini dapat mengatasi sariawan karena sifatnya mampu menetralisir asam. Selain itu, baking soda bisa mengurangi peradangan dan menghilangkan kuman dana bakteri. Namun, kamu juga perlu berhati-hati, sensasinya bisa seperti terbakar.

Kamu cukup mencampur satu sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk mengubahnya menjadi pasta. Oleskan di luka sariawan. Ulangi beberapa kali sehari. Atau kamu bisa menempatkan baking soda langsung pada luka sariawan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.